Kalo salah naro maaf ye takutnya ga ketauan kalo disatuin ama nyang sebelah
REKRUTMEN PEGAWAI PT PLN (PERSERO)
TINGKAT S1 - D3 TAHUN 2008
PT PLN (Persero) dengan visi diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang bertumbuh-kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani, membuka kesempatan kepada Putra-Putri Indonesia terbaik untuk bergabung dan berkembang bersama menjadi Pegawai PT PLN (Persero) melalui Program Rekrutmen Pegawai PT PLN (Persero) Tingkat S1 - D3 tahun 2008.
Peserta rekrutmen yang lolos seleksi penerimaan akan dididik sebagai engineer / staf ataupun sebagai teknisi / pelaksana sesuai dengan kompetensinya dan ditempatkan di seluruh Unit dan Wilayah Kerja PT PLN (Persero) di luar Jawa – Bali.
Proses rekrutmen penerimaan Pegawai PT PLN (Persero) menggunakan sistem gugur, meliputi tahapan :
1. Pendaftaran melalui Registrasi Online
2. Verifikasi Dokumen
3. Tes / Seleksi
4. Diklat Prajabatan
Tes / Seleksi meliputi :
a. General Aptitude Test (GAT).
b. Tes Akademis dan Bahasa Inggris.
c. Tes Psikologi dan Diskusi Kelompok.
d. Wawancara.
e. Tes Kesehatan.
Diklat Prajabatan dilaksanakan selama + 12 bulan meliputi :
a. Pembinaan Kedisiplinan.
b. Pengenalan Perusahaan.
c. Pembidangan.
d. On The Job Training (OJT).
Selama mengikuti Diklat Prajabatan status peserta adalah ”Siswa Diklat Prajabatan”. Siswa yang lulus Diklat Prajabatan akan diangkat sebagai Pegawai PT PLN (Persero) dan ditempatkan pada posisi jabatan di seluruh Unit dan Wilayah Kerja PT PLN (Persero) di luar Jawa – Bali.
PERSYARATAN
1. UMUM
a. Tes/Seleksi penerimaan dilaksanakan di : Medan, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar.
b. Batas Usia :
S1 : Kelahiran 1982 dan sesudahnya
D3 : Kelahiran 1985 dan sesudahnya.
c. Bidang Studi sesuai dengan jabatan yang dilamar.
d. IPK : 2,75 untuk S1/D3 Teknik dan 2,9 untuk S1/D3 non teknik.
e. Sehat jasmani dan rohani untuk melaksanakan tugas pekerjaan di PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia.
f. Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti tes/seleksi dan Diklat Prajabatan yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero).
g. Semua pengumuman/panggilan yang berkaitan dengan rekrutmen ini menggunakan website PT PLN (Persero) dan atau dikirim langsung ke alamat e-mail peserta tes.
h. Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini.
i. Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
2. JABATAN DAN BIDANG STUDI YANG DIPERLUKAN.
KODE JABATAN
JABATAN
BIDANG STUDI
S1
1. ED
Engineer Distribusi
Teknik Elektro
2. ES
Engineer Sistem Tenaga Listrik
Teknik Elektro
3. EP
Engineer Pembangkit
Teknik Mesin
Teknik Elektro
Fisika Teknik
4. PE
Engineer Proyek
Teknik Mesin
Teknik Elektro
Teknik Sipil
5. NG
Staf Niaga
Teknik Elektro
Teknik Industri
Ekonomi Manajemen
6. KU
Staf Keuangan
Ekonomi Manajemen
7. AK
Staf Akuntansi
Ekonomi Akuntansi
8. HR
Staf SDM
Psikologi.
Hukum.
9. HK
Staf Hukum
Hukum.
D3
1. TDT
Teknisi Distribusi Tenaga Listrik
Teknik Elektro
2. TSO
Teknisi Sistem Operasi Tenaga Listrik
Teknik Elektro
3. TSC
Teknisi Scada
Teknik Elektro/Elektronika
4. TPL
Teknisi Pembangkitan
Teknik Mesin
Teknik Elektro
5. TPE
Teknisi proyek
Teknik Mesin
Teknik Elektro
Teknik Sipil
6. TPD
Teknisi Pengolah Data
Informatika
7. PAK
Pelaksana Akuntansi
Ekonomi Akuntansi
8. PAS
Pelaksana Administrasi & SDM
Administrasi Niaga
Ekonomi Manajemen
Sekretariat
Informatika
9. PKU
Pelaksana Keuangan
Ekonomi Manajemen
3. PROSES DAN PROSEDUR LAMARAN
a. Lakukan registrasi lamaran melalui situs www.recruitment.pln.co.id dengan meng-klik di sini. Saat pengisian agar dipastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap karena pelamar hanya bisa mengisi formulir satu kali dan tidak dapat diubah setelah menekan tombol Daftar.
b. Kesalahan pengisian sehingga mengakibatkan pelamar tidak lolos pada tahap registrasi ini menjadi tanggung jawab masing-masing pelamar dan pelamar tidak berhak untuk mengikuti tahap berikutnya.
c. Setelah tombol Daftar di klik, akan muncul halaman untuk mencetak kelengkapan berkas lamaran bagi pelamar yang dinyatakan lolos. Berkas ini diperlukan pada tahap selanjutnya (Verifikasi Dokumen). Pelamar yang tidak lolos/gugur tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
d. Cetak kelengkapan berkas lamaran tersebut, yaitu:
1. Surat Lamaran.
2. Daftar Riwayat Hidup.
3. Surat Pernyataan tentang bersedia ditempatkan di Unit dan Wilayah Kerja PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia dan tidak terlibat penyalahgunaan narkoba.
e. Isi dan tanda tangani seluruh berkas lamaran tersebut di atas. Khusus untuk Surat Pernyataan, agar ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,00.
f. Lengkapi berkas lamaran dengan seluruh dokumen pendukung yang dipersyaratkan, yaitu:
1. Surat Keterangan sehat dan tidak buta warna;
2. Foto kopi akte/surat kelahiran
3. Foto kopi ijazah terakhir atau surat keterangan lulus yang dilegalisir
4. Foto kopi transkrip nilai yang dilegalisir
5. Foto kopi KTP yang masih berlaku
6. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4X6 sebanyak 3 (tiga) lembar
g. Masukkan semua berkas lamaran dan dokumen pendukung ke dalam satu map untuk diserahkan pada saat verifikasi dokumen. Waktu dan tempat verifikasi dokumen akan diberitahukan sewaktu-waktu melalui e-mail atau melalui website PT PLN (Persero).
h. Apabila pada saat verifikasi dokumen ada ketidak sesuaian antara dokumen dan data pelamar yang diisikan pada formulir Registrasi Online, maka pendaftar dinyatakan tidak lolos atau gugur.
i. Pelamar yang tidak lolos seleksi Registrasi Online, tidak perlu menyerahkan dokumen untuk verifikasi.
4. PERSIAPAN SEBELUM MENGAJUKAN LAMARAN
Untuk menghemat waktu akses dan mengurangi kesalahan data pada saat pelamar mengisi formulir di Registrasi Online, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan. Pelamar dapat juga memasukkan file scan pas foto dengan besar file maksimal 200 Kb.
5. LAIN – LAIN.
· Tes/Seleksi bersifat nasional untuk seluruh lokasi tes, dilaksanakan dengan metoda dan ketentuan / persyaratan yang sama.
· Surat lamaran yang telah dikirim/diterima oleh Konsultan Rekrutmen tidak dapat ditarik kembali.